PENDAHULUAN

Dana bank adalah uang tunai yang dimiliki bank ataupun aktiva lancar yang dikuasai bank yang setiap waktu dapat diuangkan. Uang tunai yang dimiliki oleh bank tidak hanya berasal dari modal bank itu sendiri, tetapi juga berasal dari pihak lain yang telah menitipkan serta mempercayakan uangnya kepada bank yang sewaktu-waktu akan diambil kembali.

PEMBAHASAN

Menurut Kasmir dalam bukunya Bank dan lembaga keuangan lainnya (2002:61) yang dimaksud dengan sumber dana adalah: “Usaha bank dalam menghimpun dana untuk membiayai operasinya”.

A.Jenis-jenis Sumber Dana

Adapun sumber-sumber dana pada bank adalah sebagai berikut:

  1. Dana yang bersumber dari bank itu sendiri (dana pihak ke I)

Sumber dana ini menempatkan sumber dana dari modal sendiri terdiri dari pemegang saham secara garis besar dapat disimpulkan pencairan dana sendiri terdiri dari:

  1. Setoran modal dari pemegang saham
  2. Cadangan-cadangan bank, maksudnya ada cadangan-cadangan laba pada tahun lalu yang tidak dibagi kepada pemegang saham, cadangan ini sengaja disediakan untuk mengantisipasi laba tahun yang akan datang.
  3. Laba bank yang belum dibagi merupakan laba yang memang belum dibagikan pada tahun yang bersangkutan sehingga dapat dimanfaatkan sebagian modal untuk sementara waktu
  1. Dana yang bersumber dari lembaga lainnya (dana pihak ke II)

Dana ini diperoleh  melalui pinjaman dari pihak luar, diantaranya:

  1. Kredit likuiditas dari bank indonesia

Kredit yang diberikan bank indonesia kepada bank-bank yang mengalami kesulitan likuiditasnya.

  1. Pinjaman dari bank-bank lain (call money)

Pinjaman antara bank ini biasanya diminta apabila ada kebutuhan mendesak yang diperlukan bank. Jangka waktu tidak lama yaitu sekitar satu bulan dan bahkan hanya beberapa hari saja, kadang kala hanya meminjam untuk satu malam yang biasanya disebut over night call money.

  1. Surat berharga pasar uang (SBPU)

Pihak perbankan menerbitkan SBPU kemudian diperjual belikan kepada pihak yang berminat, baik perusahaan keuangan maupun non keuangan.

  1. Dana yang berasal dari masyarakat luas (dana pihak III)

Pengertian sumber dana pihak ketiga menurut Kasmir (2002:63) yaitu ”Sumber dana terpenting bagi kegiatan operasi bank dan merupakan ukuran keberhasilan bank jika mampu membiayai operasinya dari sumber dana ini”. Pencarian dana dari sumber ini relatif paling mudah jika dibandingkan dengan sumber lainnya dan pencarian dana dari sumber dana ini paling dominan.

Adapun sumber dana dari masyarakat luas dapat dilakukan dalam bentuk:

  1. Tabungan

Simpanan pihak ketiga pada bank tanpa penetapan jangka waktu kepada bank dan penarikannya menggunakan syarat-syarat tertentu.

  1. Deposito

Simpanan pihak ketiga kepada bank yang penarikannya dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu menurut perjanjian antara pihak bank dengan nasabah.

  1. Giro

Simpanan pihak ketiga kepada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro, atau dengan menerbitkan surat perintah pembayaran lain.

 

B. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sumber Dana

Beberapa faktor yang mempengaruhi sumber dana dalam sistem perbankan menurut Dahlan siamat dalam bukunya “Manajemen lembaga keuangan”  adalah :

  1. Kepercayaan masyarakat pada suatu bank dipengaruhi oleh kinerja, posisi kapabilitas, integritas, dan kredibilitas.
  2. Ekspektasi perkiraan pendapatan yang akan diterima oleh penabung dibandingkan alternatif investasi lainnya dengan tingkat resiko yang sama.
  3. Keamanan dana nasabah lebih terjamin
  4. Ketepatan waktu pengambilan simpanan nasabah harus selalu tepat waktu.
  5. Pelayanan yang lebih cepat dan fleksibel
  6. Pengelolaan dana bank yang hati-hati

 

C. Peranan Tabungan Dalam Meningkatkan Sumber Dana

Mengingat hal tersebut maka simpanan yang berbentuk tabungan merupakan dana yang cukup bagus dan cukup diminati karena relatif paling mudah, karena itu dalam pelaksanaannya masing-masing bank dituntut untuk dapat menciptakan suatu pelaksanaan yang baik dalam arti dapat memberikan pelayanan yang baik, dapat memberikan fasilitas yang mudah dan dapat memberikan rasa aman akan kondisi uang para nasabah agar terhindar dari kemungkinan-kemungkinan yang dapat merugikan pihak bank dan masyarakat itu sendiri sebagai nasabah.

Simpanan tabungan mempunyai syarat-syarat tertentu bagi pemegangnya dan persyaratan masing-masing bank beda satu sama lainnya. Disamping persyaratan yang berbeda, tujuan nasabah menyimpan uang direkening tabungan juga berbeda dengan demikian sasaran bank dalam memasarkan produk juga berbeda sesuai dengan sasarannya.

KESIMPULAN

Sumber-sumber dana pada bank adalah dari pemegang saham, pemodal dan dari nasabah. Dari banyak sumber-sumber dana yang diperoleh dari nasabah, simpanan yang berbentuk tabungan merupakan sumber dana yang cukup bagus dan cukup diminati karena relatif paling mudah.

Dalam prosesnya bank memiliki beberapa factor yang mempengaruhi sumber dana dalam sistem perbankan, antara lain: kepercayaan masyarakat, ekspektasi perkiraan pendapatan, keamanan bank dan lain-lain.

REFFERENSI

elib.unikom.ac.id/download.php?id=23708

http://worldfriend.web.id/pengembangan-produk-tabungan-batara-dalam-menghimpun-dana-masyarakat-