Introducing Qt
Qt Software Development Kit (SDK) adalah application dan UI framework untuk pengembangan aplikasi cross platform yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi desktop dan mobile. Dengan Qt SDK, anda dapat membuat aplikasi mobile dan mem-publish aplikasi tersebut di OVI Store untuk target Nokia Symbian Smartphone dan N9 Smartphone (MeeGo).
Penggunaan Qt SDK akan mempersingkat waktu pengembangan program secara signifikan karena Qt SDk sudah menyediakan API yang mempunyai fungsionalitas yang lengkap dan intuitif. Qt SDK juga menyediakan Qt Quick yang menyediakan kemudahan untuk pengembangan user interface yang menarik.
Untuk memperoleh Qt SDK dapat mendownload secara gratis di alamat url http://www.developer.nokia.com/Develop/Qt/ . pada Qt SDk sudah tersedia Qt Creator yang igunakan sebagai IDE (Integrated Development Environment) untuk application development.
Aplication development yang menggunakan Qt membutuhkan pengetahuan bahasa C++.
QT in Use
Beberapa aplikasi ternama yang dikembangkan menggunakanQt framework diantaranya Google Earth map application, Skype telephony application, VLC media player dan KDE dekstop environment. Qt juga digunakan pada berbagai perangkat elektronik dan aplikasi industry seperti seperti mobile transportation system yang oleh Volvo.
QT Library
Qt SDK menyediakan beberapa kelas library yang dapat digunakan untuk mempercepat pembuatan program, misalnya library untuk membuat GUI, Qt Network yang digunakan untuk mengakses data dari internet, Qt XML untuk bekerja dengan XML (seperti membaca dengan memodifikasi dokumen XML), Webkit module untuk mengintegrasi aplikasi kita dengan konten web. Qt Multimedia untuk bekerja dengan file audio dan video, dan masih banyak lagi.