Sejalan dengan perkembangan global yang semakin kuat telah terjadi perubahan diberbagai aspek kehidupan yang langsung disemua negara didunia. Dewasa ini secara umum telah terjadi benturan ideologi yang disebut sebagai “Triangular Ideologi” dunia dimana Neo Liberalisme yang dimotori oleh Amerika Serikat berbenturan dengan Sosial Demokrat atau “New Left” yang berkembang pesat di negara‐negara Eropa. Sementara itu gerakan Islam yang bersifat radikal melakukan perlawanan terhadap Neo Liberalisme dan New Left. Ketiga Ideologi tersebut sedang dikembangkan diberbagai negara di dunia yang mau tidak mau akan mempengaruhi ideologi yang dianut oleh negara masing‐masing termauk falsafah bangsa Pancasila yang dianut oleh Indonesia.

Sejalan dengan perkembangan tersebut, kecenderungan lain yang mungkin berkembang adalah pergeseran pertumbuhan ekonomi dari kawasan Amerika dan Eropa yang telah mengalami titik jenuh ke wilayah Asia. Perkembangan tersebut akan menimbulkan implikasi pada seluruh aspek kehidupan yang pada akhirnya akan mempengaruhi sistem nilai bangsa‐bangsa yang ada di Asia termasuk Indonesia.

Sebagai negara yang memiliki letak di posisi strategis dengan jumlah penduduk yang cukup besar dan sumber kekayaan alam yang masih banyak, Indonesia termasuk salah satu negara didunia yang menjadi sasaran tiga ideologi besar dunia, oleh sebab itu apabila Indonesia tidak waspada terhadap pengaruh tersebut dapat berkembang menjadi masalah bangsa yang pada akhirnya akan mendorong pada kehancuran negara disamping masalah ideologi tersebut, arus globalisasi juga mendorong demokratisasi yang cukup kuat. Nilai demokrasi yang dirasakan cukup berkembang adalah kebebasan, keadilan dan kesetaraan. Akan tetapi karena globalisasi sangat didominasi oleh negara‐negara barat yang dimotori oleh Amerika Serikat, maka nilai kebebasan sangat menonjol sebagai konsekuensi dariideologi leberal yang lebih mengedepankan nilai kebebasan individu. Sehubungan dengan itu dengan alasan demokrasi dan demi keadilan, dibeberapa negara didunia telah munculdan berkembang ide separatisme yang kadang‐kadang punya kaitan atau kadang‐kadangpunya kaitan atau benang merah dengan negara tertentu didunia yang memiliki ideology liberal.

Isu lain yang sedang melanda dunia adalah isu ekonomi khususnya terkait dengan krisis energi, krisis pangan dan krisis keuangan global. Krisis ekonomi dunia diperkirakan akan berdampak negatif terhadap perekonomian disemua negara didunia. Krisis keuangan dunia yang diperkirakan masih terus berlanjut akan mempengaruhi perkembangan industry yang langsung akan menimbulkan permasalahan disektor lainnya seperti bahan baku dan tenaga kerja. Kondisi tersebut akan menurunkan daya beli masyarakat khususnya yang berpenghasilan rendah.