1. Jelaskan yang dimaksud kesamaan Nilai Perjuangan yang dapat menumbuhkan jiwa Patriotik !

Jawab :         Suatu nilai yang tumbuh menjadi suatu kekuatan yang mampu mendorong proses terwujudnya Negara  Kesatuan Republik Indonesia dalam wadah Nusantara.Semangat perjuangan bangsa yang tidak mengenal menyerah telah terbukti dan terwujudnya kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Semangat perjuangan bangsa yang dilandasi iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan ikhlas berkorban adalah nilai-nilai perjuangan bangsa Indonesia.

 

2. Jelaskan Unsur Deklaratif dari terbentuknya sebuah negara !

Jawab :         Pengakuan dari negara-negara lain merupakan unsur deklaratif negara. Unsur ini bersifat menerangkan dan pengakuan terhadap adanya suatu negara yang berdaulat, berdiri sendiri bukan jajahan oleh negara lain. Makna pengakuan dari negara lain adalah untuk menjamin suatu negara baru dapat menduduki tempat yang sejajar sebagai suatu organisasi politik yang merdeka dan berdaulat.

 

Ada dua pengakuan:

a.           Pengakuan de facto

Adalah atas fakta adanya negara. Pengakuan itu berdasarkan kenyataan bahwa satu  komunitas politik telah terbentuk dan memenuhi ketiga unsur konstituf negara, yaitu negara memiliki wilayah, rakyat dan pemerintah yang berdaulat.

 

b.           Pengakuan de jure

Adalah pengakuan bahwa keberadaan suatu negara itu sah menurut hukum internasional.